Halaman

Sabtu, 23 Maret 2013

Suzuki SX4

Suzuki SX4 adalah sebuah mobil kompak yang dikembangkan oleh pabrikan otomotif Jepang Suzuki sejak tahun 2006. Mobil ini juga dijual oleh Fiat dengan nama Fiat Sedici.

Sejarah

Diperkenalkan pertama kali di Geneva Motor Show tahun 2006. Diproduksi pertama kali di Magyar Suzuki di Esztergom, Hungaria, Jepang, dan Manesar, India. Mulai diperkenalkan di Indonesia sejak tahun 2007, diimpor utuh (Completely Built Up) dari Jepang dalam bentuk hatchback dan dipromosikan sebagai Crossover pertama di Indonesia. Model ini merupakan pengganti Suzuki Aerio (hatchback) dan Neo Baleno I (sedan). Setahun kemudian dirakit secara terurai (Completely Knock Down) dengan peningkatan fitur seperti rem cakram pada keempat roda, audio terintegrasi dan lain-lain. Bersamaan dengan itu dirakit pula versi sedan yang dinamakan Neo Baleno II dengan model dan fitur yang serupa dengan versi hatchback/crossover. Dalam perkembangannya, versi sedan dihentikan produksinya karena modelnya kurang bisa diterima pasar, sedangkan versi hatchback/crossover menjadi perintis kendaraan tipe ini di Indonesia dan sempat dikembangkan tipe Crossroad untuk memperluas pasar. Tipe Crossroad sendiri tidak diproduksi lama karena sejatinya merupakan versi spec down dari tipe Crossover, sehingga peminatnya sedikit. Tipe Crossover sampai tahun 2012 sudah mengalami 2 kali facelift.

Desain

Menggunakan mesin bensin 1.5L yang sama dengan Swift, bensin 1.6L dengan VVT dan diesel 1.6L DDIS milik Fiat yang digunakan juga di Fiat Sedici. Untuk versi Indonesia digunakan mesin bensin 1.5L dengan pengaturan katup variabel VVT untuk kedua tipe.
Suzuki SX4
Suzuki SX4 hatchback (Europe)

0 komentar:

Posting Komentar