Halaman

Selasa, 19 Maret 2013

sejarah penciptaan mobil

1. Sejarah Mobil Pertama dengan Mesin Uap Mobil merupakan salah satu barang kebutuhan yang saat ini sudah menjadi teman manusia dalam melakukan perjalanan, pekerjaan atau hanya menjadi koleksi. Mobil dalam artikulasi bahasa berasal dari dua suku kata yaitu ” Autos yang berarti Sendiri ” dan ” movere yang berarti bergerak ” digabung menjadi otomobil yang berasal dari bahasa Yunani. Jadi jika kita artikan maka mobil adalah kendaraan beroda empat atau lebih yang membawa mesin sendiri. Mobil sendiri mempunyai banyak tipe dan jenis sesuai dengan fungsinya masing – masing Jenis Van mobil untuk transpotasi keluarga, Bus mobil untuk angkutan Masal, Truk mobil untuk angkutan barang dan beberapa jenis mobil yang banyak berkembang pada masa kini. Terciptanya mobil merupakan suatu hal yang sangat berguna dan bermanfaat sampai saat ini dan untuk masa yang akan datang. Banyak pendapat yang muncul mengenai sejarah mobil dan siapa penciptanya, terutama menentukan siapa pencipta mobil yang pertama. Hal tersebut sejalan dengan proses terciptanya mobil yang terdiri dari begitu banyak komponen dan dikembangkan secara bertahap oleh beberapa orang, jadi cukup sulit untuk menentukan siapa pencipta mobil yang pertama. Dalam sejarah tercatat nama besar Nicholas Joseph Cugnot sebagai orang yang pertama kali berhasil meluncurkan kendaraan beroda tiga dengan body kendaraan yang pada saat itu termasuk berukuran besar dengan Mesin penggerak yaitu Mesin Uap. Kendaraan ini pada masa itu tergolong sebagai Mobil Angkutan, digunakan untuk menarik meriam yang tercatat pada tahun 1769, dan Nicholas Joseph Cugnot juga tercatat sebagai orang yang mengalami kecelakaan lalu lintas pertama, yaitu dalam mengoperasikan kendaraan ciptaannya tersebut karena menabrak tembok. Setelah itu beberapa ilmuwan ikut mengembangkan Kendaraan bermesin, pada tahun 1784 William Murdock yang berkerja sama dengan James Watt dari inggris berhasil mengembangkan dan meluncurkan kendaraan bermsin uap, selain mereka tercatat nama Richard Trevitchick juga berhasil membuat dan meluncurkan kendaraan bermesin uap juga. Selain itu juga pada tahun 1830, Sir Goldswarthy berhasil melakukan inovasi dengan menciptakan kendaraan beroda enam yang sudah dapat meluncur dengan kecepatan 25 km/jam. Hingga awal abad 20, pengembangan kendaraan bermesin uap masih terus berjalan sampai beberapa waktu walaupun sudah terbukti mesin uap tersebut berbahaya karena sering meledak.






2.Penemuan Mobil Pertama dengan Mesin Pembakaran Dalam

Proses ditemukannya mobil dengan mesin uap yang melalui berbagai tahap, menjadi rangsangan terhadap banyak peneliti dan penemu lainnya untuk menciptakan teknologi aman untuk diaplikasikan menjadi mesin mobil. Pada tahun 1890, Jean Joseph E. Lenoir, berkebangsaan Perancis yang berhasil menciptakan mesin pembakaran dalam yang menggunakan bahan bakar campuran batu bara, gas , dan unsur udara. Hebatnya teknologi tersebut diadopsi menjadi teknologi mobil modern sampai saat ini. Kinerja mesin tersebut tanpa menggunakan kompresi dimana terdapat satu silinder untuk memasukan campuran bahan bakar dan udara pada saat torak berada di separuh langkah, kemudian terdapat pemantik api untuk menyalakannya, pemantik tersebut kita kenal saat ini dengan nama Busi. Proses tersebut bertujuan menaikan tekanan gas dalam silinder naik mendorong torak sampai akhir langkahnya dan membuang gas hasil pembakaran keluar. Proses tersebut sangat efisien dan tenaga tersebut lebih besar dibandingkan dengan mesin uap, sehingga mesin pembakaran tersebut mempunyai efisiensi lebih baik dari mesin uap. Setelah itu Gottlieb Daimler dan Karl Benz berhasil menciptakan mobil bermesin pembakaran dalam juga. Pada saat itu mobil dengan mesin pembakaran dalam belum dilengkapi dengan kopling untuk memindahkan tenaga dari mesin ke roda. Hal tersebut menjadi kendala mesin mobil pada saat akan dijalankan. Mesin dengan jenis ini sangat diminati oleh banyak orang karena mesin ini tidak mempunyai resiko meledak, tidak berasap tebal, dan mempunyai suara mesin yang tidak menghasilkan suara bising seperti mesin uap. Mobil bermesin pembakaran dalam ini dijadikan model dasar bagi pengembangan mobil sampai saat ini.



3.Perkembangan Dasar Era Mobil Modern

Beberapa tahap dan proses perkembangan mesin mobil yang mengalami berbagai perubahan dan inovasi. Pada tahun 1886 Nicolaus A. Otto dan Eagen Langen berhasil mengembangkan mesin berbahan bakar bertekanan atmosfer dimasukan ke dalam silinder, dinyalakan dengan busi terjadi gas pembakaran bertekanan tinggi dan mampu mendorong torak untuk melakukan langkah ekspansi sampai membuang gas pembakaran tersebut. Mesin ciptaan Otto ini disebut mesin pembakaran dalam yang sudah mempunyai 4 langkah dan penemuan tersebut dipatenkan pada tahun 1876. Menjadi dasar pada era Mesin Mobil modern secara teknis mesin ini dirasa sudah sangat sesuai dengan kebutuhan saat ini. Charles E dan Frank Duryea warga negara AS merupakan yang pertama menciptakan mobil bermesin besin. Selain itu pada tahun 1898 Louis Renault menemukan batang penggerak sebagai pengganti rantai yang selama itu difungsikan memindahkan tenaga mesin ke roda, sebelum itu Reanult juga mesin berpendingin air. Perkembangan teknologi pengapian pada tahun 1911 Cadilac Automobile Co., berhasil menciptakan starter listrik, pengapian dan aki sebagai ganti starter engkol. Dan teknologi Ban karet yang dasarnya digunakan sampai sekarang di temukan pada 1922, Ban karet berisi udara menggantikan ban mati atau ban engkel diperkenalkan pertama kali dan digunakan hingga kini. Sampai saat ini perkembangan teknologi yang menjadi dasar pengembangan teknologi mesin dan mobil di era modern ini. Perkembangan yang sangat pesat dengan munculkan berbagai teknologi dan bentuk mobil terbaru dengan mesincanggih, dengan dasar penemuan – penemuan bersejarah yang telah kita ulas di artikel Mobil ini.

1 komentar: